Kesehatan Bayi dan Anak

  - SEPUTAR KESEHATAN di MASA AWAL KEHAMILAN
Pendahuluan
Kami hendak bertanya terlebih dahulu untuk sekedar meyakinkan Anda, sebelum Anda para Insider mengetahui informasi - informasi penting di dalam halaman ini. Apakah Anda sudah siap memiliki 'tambahan' anggota baru di dalam keluarga Anda ?
Bila jawabannya adalah TIDAK, maka sebaiknya Anda langsung meng-close layar ini. Tetapi bila jawaban Anda adalah YA, maka silahkan Anda mengetahui kelanjutan informasi - informasi penting di bawah ini.
Bila jawabannya adalah YA, maka langkah pertama adalah, mempersiapkan sebaik mungkin diri Anda, baik dari segi behaviours, jadwal makan / gizi, mental dan fisik, juga keadaan keuangan Anda. Ini merupakan kunci dari sehat atau tidaknya si Kecil secara keseluruhan nanti (khususnya bagi Sang Ibu).
Sedangkan bila Anda belum siap, tetapi kehamilan telah terjadi, maka ada kemungkinan bahwa Anda akan menjalani hari-hari yang berat (keadaan tertekan / stress / depresi baik dari segi pikiran maupun secara fisik juga keuangan) sehingga hal tersebut akan berpengaruh langsung pada kondisi bayi yang sedang dikandung.
Hubungan dari keadaan tersebut dengan kondisi kandungan adalah dikarenakan pada saat keadaan tertekan / stress / depresi baik dari segi pikiran maupun secara fisik ini terjadi, maka hormon Sang Ibu akan ikut larut dan diantarkan oleh jaringan tubuh Sang Ibu ke jaringan tubuh si Bayi di dalam kandungan, sehingga si Bayi pun akan ikut merasakan hal-hal tersebut dan akan berakibat ... si Bayi / si Kecil pada saat setelah dilahirkan akan menunjukkan gejala-gejala gelisah, cepat marah / tersinggung dan lain-lain (sebagai orang tua, hal-hal ini sangat tidak kita harapkan bukan ?).
Berbicara mengenai masalah keuangan diatas, maka Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik antara lain adalah biaya untuk pemeriksaan (bidan, mantri, dokter kandungan / umum), biaya persalinan (rumah sakit / rumah bersalin), biaya kelahiran (secara normal / caesar), biaya keperluan tumbuh / membesarkan si Bayi setelah proses kelahiran dilakukan (thermometer kuping, popok, baju, celana, pampers dan lain-lain), biaya tak terduga (bila tiba-tiba Sang Ibu atau si Kecil sakit / ada kelainan sehingga harus menjalani operasi) dan biaya-biaya lainnya yang saat ini belum terpikirkan oleh Anda.
Sebaiknya Anda, baik Sang Ayah maupun Sang Ibu mempersiapkan hal-hal diatas kira-kira 6 (enam) bulan sebelum merencanakan terjadinya sebuah kehamilan. Ini dimaksudkan agar pada saat kehamilan terjadi, Sang Ibu khususnya, tidak mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan, melainkan sudah siap secara optimal akan segala sesuatunya baik dari segi perasaan yang riang / selalu senang / siap menghadapi perubahan bentuk tubuh yang akan serba membesar / siap akan perubahan peran sebagai orang tua dan lain-lain, hal-hal mana yang juga akan mempengaruhi keadaan psikologis si Bayi (biasanya berat badan Sang Ibu akan meningkat kurang lebih sebanyak 6,5 Kg sampai dengan 17 Kg di dalam masa kehamilan, dan ini masih di dalam batas kewajaran yang normal).
Saran - saran yang sebaiknya Anda lakukan secara optimal (untuk calon Ayah dan Ibu) di dalam masa 6 (enam) bulan penantian sebelum masa kehamilan dimulai, yaitu antara lain :
melakukan / mencari informasi akan perencanaan terjadinya kehamilan misalnya : bertanya-tanya pada kawan / saudara yang sudah berkeluarga, melakukan konseling pada ahlinya (seperti : ahli gizi, ahli kandungan, ahli anatomi & perawatan tubuh, ahli genetika, ahli gigi dan lain - lain), mengikuti seminar dan sebagainya
melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui apakah ada penyakit-penyakit tertentu yang diderita oleh salah satu / kedua calon orang tua tersebut. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh dan mendetail pada salah satu laboratorium yang memeriksakan hal ini (dan laboratorium yang kami anggap cukup terjamin tingkat keakuratan hasil laporannya adalah di PRODiA). Sehingga bila ada hal-hal yang kurang beres, maka hal-hal tersebut bisa dihilangkan, minimal diperkecil resikonya, atau masih sempat dilakukan tindakan - tindakan pencegahan.
Ingat !!! ... Segala penyakit yang diderita harus disembuhkan terlebih dahulu, minimal dicegah, atau diperkecil resikonya agar si Bayi (janin) tidak terkena imbas / akibat dari penyakit tersebut dikarenakan ada penyakit-penyakit tertentu yang bisa berakibat sangat fatal / buruk pada janin yang dikandung seperti : rubela, herpes dan lain-lain, juga termasuk kelainan genetika orang tua dengan janin (adanya perbedaan rhesus golongan darah Rh- atau Rh+)
menghentikan penggunaan pil-pil yang bersifat mencegah terjadinya ovulasi seperti pil Kontrasepsi, pil KB, spiral dan lain-lain
agar diusahakan oleh kedua calon orang tua tersebut untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi minimal 3 (tiga) kali dalam seminggu [selama 6 (enam) bulan masa penantian atau masa sebelum kehamilan terjadi tersebut] seperti : Ikan, kacang kedelai, alpukat, tauge, jeruk, kalsium (dalam susu atau Nutrient High Calcium Powder), pepaya, terong, tomat, telur, mengkudu, wortel, dan Calcium Chewable Tablet.
Ini juga berhubungan dengan peningkatan kwalitas sperma dan ovum yang akan menghasilkan janin berkwalitas dalam kandungan bila dilihat dari segi kesehatan
menghentikan atau meminimalisasikan sebisa mungkin kebiasaan merokok, minum - minuman yang mengandung alkohol termasuk teh dan cola, atau memakan makanan yang menggunakan bahan pengawet, juga makanan cepat saji / fastfood, french fries, burger (sebaiknya hal-hal tersebut dihindari agar tidak merusak kwalitas sperma dan ovum)
hendaknya memperhatikan kebersihan dan keadaan oksigen yang cukup di lingkungan sekitarnya, baik di tempat kerja maupun di rumah, khususnya bagi Sang Ibu
sebaiknya, Sang Ibu sudah mulai membatasi kegiatan fisiknya mulai dini, dalam menjelang waktu kehamilan. Ini sangat berguna bagi kesehatan si Kecil baik dari segi kesehatan maupun psikologinya (emosi, cara berpikir, dan lain - lainnya)
selalu menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga yang memadai, juga diharapkan agar selalu memakai pakaian yang agak longgar / tidak ketat (bila memakai pakaian yang ketat, ada kemungkinan kwalitas sperma atau ovum akan menurun dikarenakan terkena suhu yang cukup panas di sekitar tubuh bagian vital yang disebabkan oleh pemakaian pakaian ketat tersebut).
Bila Anda mengalami kelainan fisik seperti sakit jantung, darah tinggi atau yang lain - lainnya, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu mengenai jadwal dan lamanya Anda berolah raga pada dokter ahli yang menguasai bidang tersebut, karena olah raga ini salah satu faktor yang penting dalam sistem sirkulasi peredaran darah, pembentukan otot - otot dan perbaikan warna serta bentuk kulit Anda pada saat persalinan nanti
Suami dan Istri sudah harus mulai membiasakan diri sejak dini untuk saling jujur dan terbuka antara satu sama lainnya, ini berfungsi untuk menghadapi kesukaran - kesukaran atau kesulitan - kesulitan yang akan dihadapi pada saat dimulainya masa kehamilan secara bersama - sama
sebaiknya usia Sang Ibu berada dalam rentang waktu antara usia 22 tahun sampai dengan usia 33 tahun. Bila usia calon Ibu berada diluar rentang waktu tersebut, maka ... calon Ibu tersebut memiliki resiko kehamilan yang cukup tinggi, sebaiknya si calon Ibu tersebut berkonsultasi terlebih dahulu pada yang ahlinya
juga, jangan lupa untuk mempersiapkan kondisi keuangan Anda
dan yang terakhir, ... siapkan jasa dokter kandungan yang akan Anda manfaatkan, dilihat dari letak lokasi Rumah Sakit rujukan dokter kandungan tersebut atau lokasi pemeriksaan kesehatan rutin dalam masa - masa kehamilan serta kemudahan komunikasi bila seandainya terjadi sebuah keadaan yang darurat
cara perhitungan yang digunakan untuk memperkirakan kelamin anak Anda yang akan dilahirkan berdasarkan bulan kehamilan dan usia Sang Ibu :  klik disini
Nah, setelah informasi diatas telah Anda ketahui dan persiapkan seluruhnya, maka marilah kita memasuki informasi untuk tahapan selanjutnya yaitu masa-masa selama kehamilan.
Isi Pokok
Di dalam Isi Pokok ini, kami akan menyajikan informasi berdasarkan saat - saat kehamilan (setiap satu bulan masa kehamilan) dan kelahiran si Kecil yaitu :
Yang patut diingat dan dilakukan selama masa - masa kehamilan adalah sebagai berikut :
»
Dilarang keras meminum obat dalam kondisi seburuk apapun tanpa seijin dari dokter ahli terkait
»
Selalu bertanya pada dokter kandungan Anda mengenai ... apakah ada hambatan atau kesulitan atau kelainan pada si Kecil / Janin ? Vitamin atau obat apa yang sebaiknya di konsumsi secara aman bila Sang Ibu terkena penyakit batuk atau pilek ? Kapan test / kontrol yang berikutnya ? Apa yang sebaiknya kami lakukan bila ada kondisi pendarahan mendadak ? Nomor Telepon berapa dan siapa yang bisa dihubungi pada saat darurat ?
»
Selalu membawa riwayat catatan kesehatan terlengkap diri Anda kemanapun Anda pergi, agar Anda selalu dapat terkontrol kesehatannya bila terjadi sesuatu hal yang tidak diharapkan
»
Jangan membiarkan Sang Ibu mengalami stress atau kelelahan yang berkepanjangan, karena hal ini akan membahayakan keadaan Sang Ibu dan si Janin
»
Selalu lakukan pemeriksaan USG pada saat pemeriksaan berkala kehamilan pada dokter ahli kandungan yang Anda kunjungi
»
Mulai memilih pendamping untuk saat - saat persalinan nanti (bila Suami tidak dapat mendampingi Istri pada waktu proses persalinan terjadi saat itu)
»
Sebaiknya bagi Anda yang baru pertama kali mengalami kehamilan disarankan agar mengikuti senam hamil secara rutin mulai dari usia kandungan 3 (tiga) bulan sampai dengan saat persalinan, ini dimaksudkan agar proses persalinan (seperti penggunaan otot - otot pinggang, pinggul, tulang belakang dan lain - lain) bisa dilakukan dengan baik & lancar
»
Periksa Asuransi Anda dan konsultasikan pada agent terkait mengenai kondisi Anda secara keseluruhan (bila Anda memiliki Asuransi)
»
Persiapkan rencana perjalanan Anda saat persalinan terjadi (hitunglah waktu keberangkatan dari rumah Anda menuju Rumah Sakit & perhatikan kemacetan lalu lintas dari jalan yang akan Anda lewati)
»
Persiapkan perbekalan / perlengkapan yang akan dibutuhkan oleh Sang Ibu atau si Kecil menjelang proses awal persalinan terjadi (siapkan tas yang besar, isi yang lengkap dan taruh di dekat pintu keluar ruang tamu di rumah Anda agar mudah kelihatan dan tidak lupa)
»
Bagi Anda yang bekerja, sebaiknya beritahukan kondisi Anda pada pimpinan Anda, tanyakan hak - hak & kewajiban Anda maupun perusahaan sehubungan dengan kondisi yang akan / sedang Anda alami
»
Siapkan nama terbaik untuk si Kecil
»
Perbanyak istrirahat bagi Sang Ibu, jangan biarkan bekerja terlalu keras atau lama
»
Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan oksigen di sekeliling Anda
»
Bila Anda terpaksa harus mengalami keguguran, maka pastikan sisa - sisa kehamilan tersebut dibersihkan secara total dari dalam rahim Anda, jangan biarkan tertinggal sedikitpun (bila tertinggal, ada kemungkinan sisa kehamilan tersebut menjadi cikal bakal munculnya penyakit kanker rahim)
»
Selalu mencuci bersih semua buah - buahan (bila akan makan rujak), daging dan sayur - sayuran, agar Anda tidak terkena efek samping pestisida yang bisa merusak jaringan tubuh Janin Anda. Dan selalu memasak hingga matang semua jenis daging ayam / sapi / ikan tersebut
»
Bagi yang pernah mengalami masalah kehamilan, hendaknya melakukan pantang making love selama masa - masa kehamilan terjadi
»
Setiap hari, sejak si Kecil berumur 2 (dua) bulan di dalam kandungan sampai dengan proses persalinan, sebaiknya Anda selalu mengajaknya berbicara dan menyentuhnya secara lembut agar perkembangan otak dan kemampuan berpikir si Kecil berkembang jauh lebih baik. Anda bisa menceritakan apa saja padanya baik dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa asing lainnya, juga Anda bisa menceritakan berbagai macam pengetahuan dasar fisika atau matematika pada si Kecil sejak dia masih berada di dalam kandungan atau sebuah sapaan atau usapan lembut ... aneh bukan !!! Tapi ini sudah teruji dan terbukti berhasil meningkatkan kecerdasan Artificial Intelligence si Kecil secara pesat, dan kepandaian ini akan dapat Anda buktikan pada saat si Kecil telah memasuki usia 2 (dua) tahun dan seterusnya.
»
Mulailah menggunakan musik klasik (seperti : mozart, beethoven, dan lain - lainnya) untuk diperdengarkan kepada si Kecil mulai dari hari pertama kehamilan sampai dengan hari terakhir persalinan (ini berhubungan dengan point diatas, mengajak si Kecil berbicara)
Penutup
Informasi di dalam situs ini sebaiknya dikonsultasikan kembali dengan para ahlinya agar Anda tidak mengalami kesalah pahaman atas terjadinya sesuatu hal pada diri Anda yang mungkin diakibatkan oleh beberapa keadaan, antara lain : kelainan genetika, alergi tubuh terhadap obat / makanan tertentu dan sebagainya.
Semoga informasi-informasi di situs ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.

 
 

Copyright © 2005 JasaUmum
Situs JasaUmum mempunyai kompabilitas 100% dengan IE 5.5 atau versi yang lebih tinggi, Tampilan terbaik pada resolusi diatas 1024 X 768 pixel.